PAMMITS, Raih Peruntungan Mahasiswa Berwirausaha

pamits

Sebagai seorang calon sarjana, besar harapan sebagian dari mereka adalah pencipta lapangan kerja. Hal ini termasuk sedikit upaya untuk menanggulangi jumlah lapangankerja yang tidak sebanding dengan pencarinya. Terlebih pikiran kreatif seorang mahasiswa kerap muncul untuk memulai sebuah usaha. Guna memupuk semangat tersebut, Kementerian Perekonomian menggelar Pasar Malam Minggu ITS (PAMMITS), Sabtu (21/3).

Taman Alumni ITS, Kominfo- Bagi mahasiswa, akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk rehat dari aktifitas akademiknya. Sejumlah hiburan dipilih untuk sekedar membuat pikiran lebih segar. Salah satunya adalah PAMMITS. Digelar outdoor di pelataran taman alumni, membuat suasana lebih akrab. Terlebih sajian panggung diiringi musik tempo cepat menambah semangat langkah pengunjung kali ini.

Sebanyak 120 booth kreatif berjajar rapi tawarkan produk menarik. Aneka rupa yang ditawarkan, mulai dari makanan dan minuman hingga sandang hasil karya mahasiswa. Harganya pun terjangkau, wajar jika pengunjungnya pun mahasiswa. Menariknya, tidak hanya mahasiswa ITS namun juga mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) turut memeriahkan.

Bertepatan dengan Hari Air, PAMMITS berkolarborasi dengan Jurusan Teknik Lingkungan. World Water Day diteriakkan ke seluruh penjuru. “PAMMITS tidak berdiri sendiri, kalau ada event lain di ITS yang ingin berkolaborasi ya silahkan. Seperti Jurusan Teknik Lingkungan yang mengadakan peringatan Hari Air ini, kan satu area juga, jadi nggak enak kalau acaranya sendiri-sendiri,” ujar Fitriana Ilma Farida, penanggung jawab PAMMITS.

Antusiasme mahasiswa untuk berwirausaha dinilai Fitri cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya booth yang dipesan, mengingat jumlahnya pun terbatas. Pada umumnya, mereka berjualan di PAMMITS untuk menambah pemasukan big event jurusan. “Di sini kami jualan bakso bakar, dan es gemes. Jualannya untuk big event di jurusan,” terang Adriel Evan, mahasiswa Jurusan Diploma IV Teknik Sipil.

Tidak mengurangi semangat, semakin malam PAMMITS justru semakin ramai. Pengunjung pun hilir mudik bergantian menikmati sejumlah hidangan. “Rame banget, ya bisa dibilang acaranya sukses. Kalau bisa setiap minggu aja ada acara seperti ini,” tutur Dyah Rizka, mahasiswi Psikologi Universitas Airlangga.

Fitriana berharap, acara PAMMITS dapat dijadikan sebagai wadah untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan KM ITS. “Semoga area untuk PAMMITS selanjutnya lebih diperluas, serta semakin mendapatkan dukungan dari birokrasi,” tutupnya. (yon/ros/lik)

Comment ( 1 )

  1. Replyasep
    woowww berapa tuh omzet nya kalo diitung?