KEMERIAHAN EVENT TAHUNAN ITS EXPO 2016

VIVAT PRESS

ITS EXPO: Event pertama di Indonesia yang menggabungkan unsur seni, ilmu, dan budaya.

ITS EXPO 2016 merupakan event tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh seluruh Keluarga Mahasiswa ITS. ITS EXPO sendiri sudah ada sejak tahun 2012, dimana dulu sebelum itu ada event Hari Budaya dan Pekan Ilmiah Mahasiswa ITS.
ITS EXPO berlangsung dari tanggal 16 November sampai 19 November 2016. Di tahun ini ITS EXPO mengusung tema Ekspresi Optimisme, dengan kondisi latar belakang bangsa baik dari sisi persatuan, kebudayaan dan teknologi nya yang banyak pesimis terhadapnya. ITS EXPO 2016 hadir sebagai perwujudan keoptimisan pemuda-pemuda Indonesia khususnya Mahasiswa ITS tentang bangsa ini, khususnya dari sisi seni, ilmu dan budaya.

ITS Expo 2016 sendiri terdiri dari Event, Wahana, dan Kompetisi. Event seperti Hall of Fame, Explore ITS, Gelar Karya Mahasiswa, Pagelaran Seni yang menampilkam khasanah budaya nusantara, Talkshow, dsb. Wahana sendiri ada seperti urban market, wahana budaya, pasar malam yang bertujuan mengangkat budaya luhur bangsa, seni seni nya baik warisan maupun seni modern dan ada Wahana Teknologi sebagi perwujudan keilmuan ITS. Sedangkan kompetisi terdiri dari IEPC, Recycle Art, Robot in Action, dsb.

Menurut salah satu pedagang di urban market, ITS EXPO merupakan wadah yang sangat membantu perekonomiannya. “Selama saya berjualan di sini, alhamdulillah selalu ramai pengunjung, walaupun pasti pesaing selalu ada. Harapannya tahun depan ITS EXPO bisa digelar lagi tahun depan”,tutur Bu Luluk.

ITS EXPO pada tahun ini menghadirkan bintang tamu ternama seperti Klantink yang tampil pada hari Kamis, juga Mocca dan Tompi yang tampil pada hari Jumat. Dengan begitu, ITS EXPO bisa menarik minat pengunjung di luar ITS untuk datang.

Kami sempat mewawancarai beberapa pengunjung yang hadir pada ITS EXPO kali ini. Menurut mereka acara ini seharusnya tetap dipertahankan. “acara ini walaupun ada kekurangannya tapi bagus. Seharusnya tahun depan acara ini tetap ada dengan bintang tamu yang lebih terkenal lagi”,ujar Nanda, Diah, dan Adinda.
ITS EXPO merupakan paket komplit sebuah event yang tidak hanya menjual bintang tamu terkenal, tapi menjual konsep, menjual nilai dan budaya yang ada. Didukung dengan instalasi dan sebagainya diharapkan dapat benar-benar menumbuhkan Optimisme kita kedepan, baik dari hal paling kecil hingga hal besar yaitu optimisme untuk membangun Bangsa.

Menurut ketua ITS EXPO 2016, Hafizudin Wirawan, dengan diadakannya acara ini bisa membawa nama ITS lebih baik di mata masyarakat. “Karena acara ini milik KM ITS, seharusnya kita turut bangga bahwa ITS EXPO ini diadakan. Dengan diadakannya ITS EXPO ini, kita patut bangga mempunyai acara yang bisa mempromosikan ITS secara massive”, jelas mahasiswa yang akrab dipanggil Iwan tersebut.(syn/mia)